Kota Jepara



      kota jepara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan yang berada di Laut Jawa. berdirinya kabupaten jepara yaitu pada tanggal 10 april, tepatnya sekarang sudah 467 tahun kota jepara berdiri. baru saja beberapa hari yang lalu jepara merayakan ulang tahunnya dengan berbagai macam perayaan. kota jepara sudahlah tak asing dan sudah terkenal di indonesia. meskipun hanya sebuah kota kecil namun di dalamnya terdapat berbagai macam keanekaragaman tradisi, wisata dan lainnya yang sangat menarik tentunya. seperti yang kita tahu jepara terkenal dengan sebutan jepara kota ukir atau jepara bumi kartini. dimana kota jepara memanglah terkenal dengan ukirannya yang indah bahkan tak ada yang menandinginya. sedangkan di sebut jepara bumi kartini karna di kota jeparalah tokokh besar wanita indonesia RA. Kartini dilahirkan.
    Jepara dikenal sebagai kota ukir, karena terdapat sentra kerajinan ukiran kayu ketenarannya hingga ke luar negeri. Kerajinan mebel dan ukir ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda. Selain itu, Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia R.A. Kartini.
Potensi Kabupaten Jepara :

* Industri Mebel Ukir Jepara
* Kerajinan Patung & Ukiran
* Kerajinan Relief
* Mebel & Kerajinan Rotan
* Tenun Ikat Troso (sarung, sprei, korden, bahan baju terbuat deri sutra dan katun)
* Kerajinan Monel
* pariwisata

Industri Mebel dan Kerajinan merupakan industri andalan kabupaten Jepara. Industri tersebut telah menjadi tulang punggung perekonomian Jepara. pariwisata Jepara memiliki banyak objek menarik yang dapat dikembangkan lebih baik lagi, diantaranya Pantai Kartini, Bandengan dan karimun jawa. karena keterbatasan APBD yang ada, maka pengembangan pun belum optimal. selain itu, yang saat ini menarik adalah wisata budaya dan wisata industri. industri mebel dan ukir jepara yang berbasis HOME INDUSTRI dan merupakan kerajinan tangan dapat pula dikembangkan menjadi wisata industri sekaligus wisata belanja produk kerajinan jepara.

     Selain dijuluki sebagai Kota ukir,The Beauty of Java tidak berlebihan disandang oleh Jepara, karena Jepara memiliki aneka keindahan dari tempat wisata pegunungan, wisata pantai, wisata kepulauan bahkan sampai wisata bawah laut (terumbu karang) ditambah lagi gadis-gadis Jepara terkenal cantik-cantik, karena banyak orang Jepara yang masih berdarah portugis terutama di daerah Kecamatan Donorojo. Apalagi berkali-kali Jepara mendapat Adipura dikarenakan kota Jepara begitu bersih dan sangat indah. Maka untuk kepentingan pemasaran pariwisata, Bupati Jepara mengambil slogan pariwisata Jepara, The Beauty of Java (Keindahannya Jawa) sebagai upaya pencitraan Kota Jepara sebagai pusat Wisatanya Pulau Jawa.Banyak wisatawan yang datang dari luar kota. Objek wisata tersebut bisa berupa pantai, pemandangan alam, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi di kota ukir. 
. Pantai Kartini


id..wikipedia.org
  
    Pantai kartini merupakan pantai yang cukup terkenal dan juga banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan dari luar kota. Yang menarik dari pantai ini adalah adanya patung penyu raksasa yang di dalamnya berisi berbagai aneka jenis ikan. Sebelum itu, penyu raksasa tersebut dalamnya dijadikan sebagai tempat untuk bermain game. Selain itu, di sana kita bisa menikmati hamparan laut yang luas dengan duduk santai di tempat yang telah disediakan oleh para pedagang. Kita bisa menikmati hamparan laut luas sambil ditemani segelas es kelapa muda dan semilir angin yang menyejukkan.

       2. 
Karimun Jawa

www.inilahtempatwisata.com

   Objek wisata kota Jepara selanjutnya adalah Karimun Jawa. Untuk pergi ke sana, anda bisa menggunakan kapal cepat, dan butuh waktu sekitar 4-5 jam. Setelah sampai di sana, anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Pasir putih, hamparan laut yang berwarna hijau kebiruan, dan yang lainya. Di sana, anda bisa berenang dengan ikan hiu di tempat yang namanya pulau menjangan besar. Selain itu, ada juga yang namanya tempat pulau menjangan kecil. Di situ, anda dapat menyelam dan menikmati berbagai jenis biota laut dan terumbu karang. Itu adalah dua diantara tempat yang menarik yang bisa anda dapatkan dengan mengunjungi pulau karimun jawa.

          3. Puncak 29

  

www.tripadvisor.co.id

   Puncak 29 adalah objek wisata di kota Jepara selanjutnya. Untuk sobat yang hobi mendaki, nggak ada salahnya untuk menaklukan puncak songolikur (29) ini. Objek wisata ini terdapat di desa Tempur, Jepara. Nama asli dari puncak 29 adalah Gunung Saptorenggo dan mempunyai ketinggian sekitar 1630 di atas permukaan laut (dpl). Menurut beberapa sumber, gunung ini terletak di kabupaten Jepara dan Kudus. jadi, ada dua jalur untuk mendaki ke puncak 29. Bisa melalui desa Tempur kalau dari Jepara dan melewati dusun Sempliro, desa Rahtawu, kecamatan Gebog. Pastikan membawa jaket jika ingin menginap di sana. Iya, karena udaranya sangat dingin. 

       4. Pantai Bandengan

initempatwisata.com

   Kita lanjut ke nomor lima, yaitu Pantai Bandengan. Pantai yang berada diarah utara kota jepara ini mempunyai air yang jernih dan hamparan pasir putih yang membentang luas. Di pantai yang nama lanya adalah pantai Tirto Samudro ini anda bisa melakukan kegiatan sepeda santai, bola volley, dan lain-lain. Selain itu, Pantai Bandengan ini juga pernah dijadikan sebagai tempat festival layang-layang mulai dari skala regional, nasional, hingga internasional.

       5. Jepara Ourland Park



   Tempat wisata yang terakhir adalah Jepara Ourland Park (JOP). Tempat rekreasi yang berkapasitas 20.000 pengunjung ini diresmikan oleh bupati Jepara yaitu Bapak Ahmad Marzuki dan Gubernur jawa tengah yaitu Bapak Ganjar Pranowo pada 10 April 2016 dan diklaim sebagai tempat wisata bahari terbesar di jawa tengah. JOP terletak di desa Mororejo RT04/RW02, kabupaten Jepara. Dari pusat kota, waktu tempuh kurang lebih 15 menit.
   Adapun fasilitas yang saat ini tersedia di sana adalah ballroom, panggung hiburan, food court, restoran, sky lounge, e-bike, golf car, dan mini train.

Komentar

Postingan Populer